Handle Bar
Lebih
dikenal dengan stang kemudi, pada MTB ada beberapa jenis Monkey bar,
Rise bar dan Standart bar. Handle bar adalah kokpit sepeda kita, kontrol
gigi transmisi, rem depan-belakang terdapat di handlebar ini. Pilihlah
handle bar yang sesuai dengan kebutuhan anda.
Top Tube
Merupakan bagian dari frame sepeda bagian atas, Tips: Sesuaikan ukuran frame dengan tubuh anda
Down Tube
Merupakan
bagian dari frame sepeda, melitang dari HeadSet terhubung langsung
dengan top Tube Seat, Stay dan Rumah BB (buttom Bracket)
Shifter
Grupsets
(komponen) pemindah gigi tranmisi, berfungsi untuk menggerakan FD
(front derailleur) dan RD (rear derailleur), Shifter yang beredar
dipasaran untuk penggerak RD mencapai 9 – 10 speed, untuk Shifter FD
biasanya hanya terdiri 2 – 3 speed.
Handgrip
Adalah
pembungkus Handlebar (stang kemudi) berbahan karet/tape tergantung
kebutuhan. Usahakan Handgrip tidak berputar pada handlebar saat kita
berkendara, handgrip yang terlalu tebal atau terlalu tipis mengurangi
kenyamanan kita dalam bersepeda.
Brake Lever
Tuas
Rem (depan-belakang) posisikan Brake laver dengan benar sesuaikan
dengan kenyamaan anda ketika bersepeda, usahakan jari tangan dapat
meraih dengan mudah lever (tuas).
HeadSet
Bagian
depan Frame yang didalamnya terdapat bearing dan komponen lainnya yang
berfungsi untuk menghubungkan Fork(suspensi) depan dengan stem dan
handlebar.
Stem
Merupakan
bagian kokpit sepeda kita, berfungsi untuk menghubungkan handle bar –
Headset dan Fork(suspensi) depan. Stem tersedia dalam beberapa ukuran
untuk suspensi depan yang panjang (long travel) bentuk stem berbeda
dengan stem standart, Tips: jika anda merasa stem anda terlalu panjang
dan kita bersepeda terasa membungkuk anda bisa menggantinya dengan
ukuran stem yang pendek.
Sadle
Sadel
– tempat duduk pengemudi, untuk sepeda MTB biasanya berukuran lebih
tebal dibandingkan dengan roadbike. Atur posisi Sadel supaya benar-benar
lurus (horizontal), atur maju dan mundurnya sandel usahakan tidak
terlalu jauh atau terlalu dekat dengan hadle bar.
Tips:Posisi yang tidak tepat akan mengakibatkan tidak nyaman kitika bersepeda pada kasus serius mengakibatkan cidera pinggang.
SeatPost
Dudukan
Sadel (sadle) penghubung antara sadel dengan frame sepeda, posisi
vertikal sesuaikan dengan kenyamanan anda. Tips:cobalah naik sepeda pada
posisi berhenti, luruskan kaki anda hingga benar2 meraih pedal. Jika
posisi kaki masih terlihat dan dirasa masih tidak lurus padahal
posisi
pedal sudah dibawah hal ini pertanda bahwa seatpost anda kurang tinggi.
Aturlah seatpost hingga benar-benar sesuai dengan kebutuhan anda.
Seat Stay
Merupakan
bagian belakang frame. Untuk MTB dual suspension Seat Stay biasanya
berupa swingarms (lengan ayun) terhubung dengan frame menggunakan
suspensi belakang.
Pedals
Kayuhan.
Merupakan komponen memutar Buttom Bracket dan Crankset sehingga sepeda
bisa bergerak (digerakan ketika kita mengayuh sepeda).
Crank Set
Komponen lengan yang menghubungkan pedals dengan chainrings.
Chain Ring
Merupakan komponen tranmisi gigi depan (biasanya terdiri dari 2 -3 Chain Rings). Berfungsi menghubungkan rantai dengan Crankset.
Chain
Rantai.
Merupakan komponen yang sangat vital fungsinya karena inilah yang
bertugas menghubungkan Crankset Chain Ring dengan komponen Roda
belakang, sehingga sepeda dapat melaju.
Idler Pulley
Merupakan
bagian dari Rear Derailleur (RD), berupa gir (gigi) kecil disertai
tension (biasanya berupa per-pegas) yang berfungsi agar chain (rantai)
tetep lurus dan tidak kendor.
Front Derailleur
Merupakan
komponen vital pada sepeda MTB, berfungsi mengatur pemindahan gigi
depan (chain rings). Lebih dikenal dengan istilah FD, terhubung langsung
dengan Shifter.
Rear Derailleur
Merupakan
komponen vital pada sepeda MTB, berfungsi mengatur pemindahan gigi
belakang. Lebih dikenal dengan istilah RD, terhubung langsung dengan
Shifter.
Rims
Merupakan komponen Wheelset (roda) lebih di kenal dengan Pelak (pelek) sepeda.
Tire
Ban.
Terbuat dari karet, Tips:sesuaikan jenis dan ukuran ban dengan
kebutuhan anda. Ukuran ban untuk jenis aspal (road) biasanya tapak kecil
dan motif standart. Untuk ada yang menggemari offroad atau bahkan
downhill pilihlah jenis ban dengan tapak lebar dan motif khusus full
offroad.
Front Fork
Suspensi
depan, Merupakan bagian sepeda yang berfungsi menghubungkan roda
(whellset) depan dengan kemudi (handlebar). Fork yang beredar di pasaran
tersedia berbagai jenis, merek dan ukuran. Tips:sesuaikanlah jenis dan
ukuran fork dengan kebutuhan anda, untuk medan
aspal gunakan fork dengan panjang travel standart, sedangkan untuk penggemar downhill biasanya menggunakan travel yang panjang.
Master Dishbrake
Merupakan
komponen Brake (rem), merupakan rumah bagi kampas rem. Komponen ini
berfungsi untuk menjepit dishbrake ketika kita melakukan pengereman.
Untuk jenis Brake konvensional (V-brake) komponen ini tidak ada fungsinya digantikan oleh brakepad.
DishBrake
Cakram, berupa piringan terhubung langsung dengan wheelset baik depan atau belakang. Untuk jenis V-brake komponen ini tidak ada.
Spokes
Jari-jari Roda, menghubungkan Hub dengan Rims (pelak).
Hub
No comments:
Post a Comment